Penyebab laptop mengeluarkan bunyi kencang, bising dan berisik serta cara mengatasinya

Posted by mbah PC on Oktober 14, 2016

Penyebab Komputer atau laptop mengeluarkan bunyi kencang, bising dan berisik
Penyebab Komputer atau laptop mengeluarkan bunyi kencang, bising dan berisik


Mbah PC | Pada artikel kali ini Mbah PC Pada umumnya yang mengeluarkan bunyikencang, bising dan berisik pada laptop ditimbulkan dari suara kipas pada laptop dan komputer tersebut, mengapa demikian? Kipas pada laptop dan komputer memiliki fungsi untuk pendingin suhu ketika laptop sedang bekerja. Nah apabila laptop dipaksa untuk bekerja dengan peforma maksimal maka kipas juga akan bekerja maksimal untuk menstabilkan suhu agar tidak terlalu panas dan menjaga perangkat hardware dari kerusakan.
Penyebab Komputer atau laptop mengeluarkan bunyi kencang, bising dan berisik
suara kencan, bising dan berisik pada umumnya dari kipas

Kipas pada laptop dan komputer yang mengeluarkan bunyi kencang, bising dan berisik akan sangat menganggu kenyamanan ketika sedang beraktivitas dengan perangkat tersebut, adakalanya sesekali timbul rasa khawatir dari sobat sekalian akan kondisi laptopnya apabila bunyi semakin kencang, bising dan berisik berlangsung lama, seakan-akan laptop bagaikan bom yang akan meledak...

Pada kebanyakan kasus yang terjadi, kipas laptop mengeluarkan bunyi kencang dan berisik didalangi oleh debu atau kotoran yang menumpuk dan menempel pada laptop sehingga ketika kipas hendak bekerja dalam kondisi maksimal maka akan terjadi pergesekan debu dan kotoran yang mengakibatkan bunyi kencang, bising dan berisik pada laptop.

Dampak paling buruk terhadap kinerja kipas yang kurang optimal sehingga  mengeluarkan bunyi kencang, bising dan berisik akan mengakibat laptop sering mengalami hang atau lag dan bisa juga menjadi lemot bagaikan keong.... hal tersebut disebabkan kipas akan mengambil arus yang lebih dari baterai laptop sehingga distribusi arus power tidak merata ke seluruh perangkat laptop atau komputer.

Nah, berikut ini beberapa penyebab dan cara mengatasi laptop mengeluarkan bunyi kencang, bising dan berisik :

1. Kipas laptop kotor
Seperti sudah dijelaskan sekilas diatas bahwa debu merupakan penyebab yang sering terjadi untuk laptop yangmengeluarkan bunyi kencang, bising dan berisik. Debu menjadi dalang menjadi dalang utama dari kebanyakan kasus yang dijumpai untuk laptop yang berbunyi kencang, bising dan berisik tersebut.

Penggunaan laptop atau komputer pada tempat yang kotor dan berdebu akan memicu masuknya kotoran tersebut pada kipas. Debu dan kotoran akan menempel dan mempengaruhi kinerja kipas, hal ini menimbulkan gesekan yang menimbulkan suara kencang, bising dan berisik pada laptop dan komputer.

Cara mengatasi nya untuk hal kipas komputer atau laptop berbunyi kencang, bising dan berisik disebabkan oleh debu ini diperlukan keberanian untuk membongkar komputer atau laptop sobat sekalian, mengapa diperlukan keberanian? Jawabannya karena kipas komputer atau laptop berada di dalam casing body perangkat tersebut.
kipas laptop kotor

Oleh sebab itu sobat harus membongkar terlebih dahulu  casing body komputer atau laptop sobat sekalian untuk mengatasinya. Sebagai panduan sobat bisa melihat video tutorial dan cara cara membongkar komputer dan laptop sesuai dengan jenis dan merek sobat sekalian di youtube.

Setelah dibersihkan ada baiknya menjaga kebersihannya terutama penggunaan komputer atau laptop di tempat yang bersih dan bebas dari debu, sebab faktor utama masuk dan menempelnya debu pada kipas laptop dikarenakan lingkungan sekitar ketika menggunakan perangkat tersebut.

2. Processor yang bekerja terlalu keras
Kinerja processor yang terlalu keras dan tinggi akan menyebabkan komputer dan laptop mengeluarkan bunyikencang, bising dan berisik. Hal ini terjadi ketika processor bekerja terlalu keras dan tinggi akan menimbulkan kenaikan suhu pada perangkat komputer dan laptop sehingga akan memaksa kipas untuk bekerja secepat mungkin menstabilkan sirkulasi udara agar suhu pada perangkat stabil.
Penyebab Komputer atau laptop mengeluarkan bunyi kencang, bising dan berisik
processor bekerja terlalu keras


Pemicu processor bekerja terlalu keras dan tinggi ini antara lain membuka program yang terlalu banyak, menjalankan program yang berat diluar standar kemampuan spesifikasi komputer / laptop, kapasitas ram yang kecil sehingga membuat perangkat kewalahan dalam menjalankan program, dan banyak lagi yang lainnya.

Penggunaan processor yang bekerja terlalu keras ini bisa menyebabkan komputer atau laptop sobat mendadak mati atau restart hal ini terjadi disebabkan oleh adaya sistem yang memproteksi perangkat dari suhu yang terlalu panas (overheat). Sistem Komputer atau laptop akan memproteksi dari kerusakan dan terbakarnya komponen di dalam perangkat tersebut.   

Cara mengatasi komputerdan laptop mengeluarkan bunyi kencang, bising dan berisik disebabkan kinerja processor yang terlalu keras ini yaitu dengan mengurangi penggunaan program yang berjalan sekaligus, selain itu membatasi penggunaan program sesuai dengan kapasitas daya tampung RAM perangkat komputer dan laptop sobat. Memberikan ruang lega bagi memori ram untuk bekerja serta menghapus sampah dan cache sehingga kinerja processor menjadi lebih stabil.
Penyebab Komputer atau laptop mengeluarkan bunyi kencang, bising dan berisik
processor yang bekerja terlalu keras kan mengakibatkan komputer menjadi lambat

Pada umumnya processor yang bekerja terlalu keras ini juga akan mengakibatkan komputer dan laptop sobat menjadi lambat. Oleh sebab itu diperlukan juga cara-cara agar membuat komputer dan laptop menjadi kencang dan stabil sehingga tidak akan mengeluarkan bunyi kencang, bising dan berisik.

3. Kondisi kipas yang mengalami kerusakan
Sebelumnya sudah dijelaskan penyebab penyebabkomputer dan laptop mengeluarkan bunyi kencang dan berisik seperti kipas laptop atau komputer yang kotor dan processor yang bekerja terlalu keras. Nah apabila hal terbsebut sudah sobat perbaiki maka masih juga menimbulkan bunyi kencang, bising dan berisik adakalanya kipas pada komputer atau laptop sobat yang mengalami kerusakan.
Penyebab Komputer atau laptop mengeluarkan bunyi kencang, bising dan berisik
kondisi kipas komputer / laptop rusak 

Kerusakan pada kipas komputer dan laptop bisa saja terjadi diakibatkan sudah terlalu tuanya umur kipas atau adanya hubungan pendek pada komponen yang terhubung ke kipas, bisa juga adanya kemacetan pada motor kipas komputer dan laptop.

Nah cara mengatasi komputer dan laptop mengeluarkan bunyi kencang, bising dan berisik disebabkan oleh kerusakan kipas ada baiknya ketahui dulu komponen atau jenis kerusakan kipasnya. Untuk hal ini disarankan konsultasi dengan ahlinya atau pergi ke service center yang sobat percayakan. Sebab apabila mencoba untuk mengutak atik diluar pengetahuan yang dimiliki ditakutkan akan menimbulkan kerusakan pada komponen lainnya pada perangkat komputer atau laptop.

Nah demikian sobat sekalian artikel kali ini yang mengulas  penyebab komputer atau laptopyang mengeluarkan bunyi kencang, bising dan berisik. Pada intinya penggunaan perangkat komputer dan laptop yang baik akan membuat ketahanan dan performa perangkat tersebut terjaga dan terhindar dari 4 masalah, lambat, lemot, lelet, dan lusak....

Semoga bermanfaat 


mbah PC
New Johny WussUpdated: Oktober 14, 2016

0 komentar:

Posting Komentar