Cara Membuka File Atau Folder Yang Di Hidden Pada Laptop Atau Flashdisk

Posted by MbahPC on Oktober 15, 2016

cara membuka file atau folder yang di hidden pada laptop atau flashdisk
Cara Membuka File Atau Folder Yang Di Hidden
Cara Membuka File atau Folder Yang di Hidden di laptop ataupun di flashdisk

Mbah PC | Pada kesempatan kali ini Mbah PC Namun adakalanya juga terkadang laptop ataupun flashdisk sobat sekalian terkena serangan virus yang menyebabkan banyak folder atau file disembunyikan atau di hidden oleh virus tersebut. Oleh sebab itu pada artikel kali ini mbah PC mencoba memberikan tutorial bagaimana caramembuka file atau folder yang di hidden tersebut kembali seperti semula pada laptop ataupun flashdisk sobat sekalian.


Sebelum melanjutkan ke tutorial mengenai cara membuka file atau folder yang di hidden pada laptop ataupun flashdisk sobat adakalanya perlu diketahui terlebih dahulu mengenai penyebab-penyebab mengapa file atau folder bisa di hidden pada laptop atau flashdisk sobat sekalian.

Pada saat ini masih banyak beredar virus yang menyerang laptop ataupun flasdisk, cara kerjanya dan metode serta karakteristik virus yang berbeda beda menuntut kita agar tetap wasapada dan siap apabila virus tersebut mulai menyerang laptop ataupun flashdisk sobat sekalian.

Saat ini masih banyak juga jenis virus yang menyembunyikan file atau folder pada laptop ataupun flashdisk sobat sekalian. Jenis virus ini pada umumnya sering dinamakan virus shortcut, dimana cara kerjanya menyembunyikan file atau folder pada laptop ataupun flashdisk sobat dan membuat tiruan shortcut pada laptop dan flashdisk sobat sekalian. Namun tenang saja sob virus ini masih belum mampu menyembunyikan pacar atau kekasih sobat sekalian jadi masih aman toh ....

cara membuka file atau folder yang di hidden pada laptop atau flashdisk
File Atau Folder terhidden dapat disebabkan oleh virus atau sistem operasi 
Ok, Jangan Tegang kali sob baca nya, Adapun untuk mengenal karakter-karakter mengenai virus shortcut ini dapat anda baca artikel yang saya posting lainnya yaitu artikel ciri ciri laptop atau flashdisk terserang virus shortcut.  

Nah sobat sekalian, ada beberapa file atau folder yang di hidden oleh sistem pada OS Windows, hal ini bertujuan untuk menjaga dari hilang atau rusaknya file atau folder tersebut yang dapat merusakaan sistem operasi windows itu sendiri pada laptop sobat.

cara membuka file atau folder yang di hidden pada laptop atau flashdisk
file atau folder terhidden deisebabkan oleh protect sistem oprasi
Namun adakalanya sobat sekalian menginginkan mengedit atau mensetting file atau folder tersebut untuk tujuan tertentu misalnya untuk meningkatkan kinerja komputer atau untuk membatasi kinerja sistem operasi atau juga banyak tujuan lainnya yang sobat inginkan. File atau folder yang di hidden oleh sistem operasi windows ini sering disebut juga dengan protected operating system files.

Ok sobat sekalian langsung saja mbah PC akan memberikan tutorial mengenai cara membuka file atau folder yang di hidden oleh virus itu sebenarnya gampang sekali karena itu bisa di lakukan tanpa menggunakan software namun  kita hanya menggunakan CMD atau Command Prompt yang terdapat pada bawaan sistem operasi laptop sobat sekalian.
Pada intinya caranya pada setiap seri sistem operasi windows hampir sama, yang membedakannya mungkin hanya letak direktori dan juga cara pengambilan atau memunculkan program CMD itu sendiri, baik itu di windows XP, windows 7, ataupun windows 8.
Silahkan Simak Sob caranya berikut ini :

cara membuka file atau folder yang di hidden pada laptop atau flashdisk
tampilan file atau folder yang dihidden pada layar laptop
A. Langkah yang pertama sekali buka program Command Prompt pada laptop sobat sekalian cara Klik Start lalu pilih run kemudian dalam kotak run anda tulis dengan CMD. Khusus untuk windows 8 bisa mengarahkan mouse sobat ke sudut kiri bawah layar dan klik kanan pada mouse sobat lalu tinggal pilih CMD (command Prompt).

B. Langkah berikutnya sobat ketikkan di perintah CMD nama drive atau lokasi drive tujuan yang ingin dibuka file atau folder yang di hidden. Contohnya apabila ingin membuka folderdi drive C maka cukup Ketikan “ C: ” lalu enter. Untuk membuka file atau folder di drive F cukup ketikan “ F: ” demikian juga jika pada drive G maka cukup ketikan “ G:” lalu tekan enter.
cara membuka file atau folder yang di hidden pada laptop atau flashdisk
Pemilihan Drive yang akan dibuka file hidden nya

Nah, berikut nya ketika perintah command prompt (CMD) telah berada pada drive tujuan maka silahkan ketikan “ dir ”, Perintah DIR ini bertujuan untuk melihat keseluruhan direktori yang terdapat pada drive tersebut.
cara membuka file atau folder yang di hidden pada laptop atau flashdisk
perintah DIR untuk melihat direktori drive (file masih terhidden)

Langkah berikutnya adalah dengan mengetikkan perintah “ attrib –s –h –r /s /d “ perintah ini memiliki pengertian sebagai berikut :
cara membuka file atau folder yang di hidden pada laptop atau flashdisk
Ketikkan perintah Attrib sesuai gambar 

attrib = string untuk memulai merubah atribut pada Command Prompt
-s = menghilangkan atribut System File
-h = menghilangkan atribut Hidden File
-r = menghilangkan atribut Read Only File
/s = sub directory
/d = directory
Nah Apabila langkah tersebut berhasil maka keseluruhan file atau folder akan terbuka

cara membuka file atau folder yang di hidden pada laptop atau flashdisk
hasil DIR kembali file telah terbuka kembali
cara membuka file atau folder yang di hidden pada laptop atau flashdisk
pada folder file dan folder yang terhidden telah kembali terbuka


Nah selesai sudah artikel cara membuka file atau folderyang di hidden pada laptop ataupun flashdisk sobat sekalian, diharapkan cara ini digunakan seperlunya dan bermanfaat.


Nama Anda
New Johny WussUpdated: Oktober 15, 2016

0 komentar:

Posting Komentar

MbahPC