Ini Dia Cara Merawat Baterai Laptop Secara Lengkap Yang Baik Dan Benar

Posted by MbahPC on Oktober 10, 2016

Cara Merawat Baterai Laptop Yang Baik Dan Benar
Cara Merawat Baterai Laptop Yang Baik Dan Benar



Cara Merawat Baterai Laptop Secara Lengkap yang Baik Dan Benar

Mbah PC | Cara merawat baterai laptop - Pernah mengalami laptop anda tiba-tiba
mengalami mati/shutdown padahal notifikasinya pada baterai masih 40%, atau tiba-tiba sudah ada tanda silang bewarna merah pada notifkasi baterai di laptop anda.atau hal ini terjadi pada laptop teman ataupun keluarga anda?

Baterai laptop pada dasarnya memang memiliki masa pakai rata-rata selama 5 tahun, setelah itu habis dari masa pakai ini maka baterai laptop akan mengalami suatu penurunan kondisi yang disebut “aus”. Aus pada baterai laptop adalah kondisi dimana baterai laptop sudah tidak berfungsi lagi dan perlu di ganti dengan yang baterai yang terbaru. Pada umumnya gejala aus ini dapat diidentifikasi ketika saat laptop sedang dipakai kurang dari 30 menit dan secara tiba-tiba langsung mati, atau sudah muncul tanda silang merah yang ada di notifikasi baterai.

Walaupun keadaan aus ini di akibatkan karena masa pakai baterai yang sudah lewat atau kadar luarsa atau diluar dari pemakaian rata-rata harian dan tahunan, tetapi hal ini juga bisa terjadi karena pemakaian dan pengisian daya yang salah pada baterai laptop. Oleh karena itu, disarankan untuk lebih memperhatikan dalam merawat baterai laptop agar lebih awet atau tahan lama diluar dan menambah masa umur dari pemakaian baterai rat-rata. Lalu bagaimana tips yang baik untuk merawat baterai laptop? Sebenarnya menjaga kondisi baterai laptop agar ebih tahan lama tidaklah terlalu sulit. Maka dari itu artikel kali ini akan membahas bagaimana cara yang tepat untuk merawat baterai laptop anda agar lebih awet dan tahan lama dari pemakaian rata rata umur baterai. 

Berikut ini adalah cara merawat baterai laptop :

     1. Melakukan Pengisian daya sampai dalam keadaan Full    

Untuk laptop yang kondisinya masih dalam keadaan baru, pertama sekali pastikan bahwa anda selalu mengisi daya baterainya sampai dalam keadaan full charged (100%). Hal ini bertujuan untuk pengukur baterai laptop (Baterry Gaug) dapat bekerja secara optimal dan normal. Dengan demikian secara tidak langsung dapat menghindari terjadinya eror pada baterai laptop anda.

     2. Lakukan pengisian daya setiap notifikasi Bateray 10% 

Ingatlah untuk selalu mengisi daya baterai laptop anda sampai pada keadaan penuh, dan mengisi melakukan isi ulang daya baterai laptop ketika notifkasi baterai mulai menunjukan diangka 10%. Angka ini umumnya berlaku untuk notifikasi baterai yang ada pada semua laptop, seperti yang berbasis OS windows 7, windows xp, windows 8 ataupun linux.

     3. Hindari Penggunaan Laptop yang sedang dalam Pengisian Daya   

Hindarilah pemakaian laptop pada saat baterai sedang diisi daya atau di charge. Karena hal tersebut merupakan salah satu penyebab yang akan mengurangi daya tahan pada baterai laptop, apalagi kalau di charge sambil digunakan untuk bermain game atau menonton film di laptop anda.

     4. Keluarkan Baterai Apabila Tidak Dipakai Dalam Waktu Yang Lama  

Jika anda tidak akan memakai laptop dalam kurun waktu yang lama, sebaiknya keluarkan baterai dari tempatnya di dalam body laptop anda. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa saat baterai dikeluarkan dari tempatnya, setidaknya daya baterai harus tersisa kurang lebih sekitar 40%. Hal ini bertujuan agar saat suhu ruangan dingin cairan yang ada di dalam baterai tidak mudah membeku.

     5. Menggunakan Software Yang Mampu Menjaga Kestabilan Battery Laptop

Selanjutnya anda dapat menggunakan software pihak ketiga seperti Battery Care yang bisa anda download gratis melalui internet. Untuk menggunakan software ini, silahkan anda instal terlebih dahulu aplikasi ini di laptop anda dan ikuti petunjuknya. Software Battery Care akan ini berperan dalam menjaga kestabilan pengukuran baterai agar selalu tetap akurat dan berjalan normal. Selain itu perlu diketahui juga bahwa masa perputaran penambahan daya atau charge baterai laptop adalah kurang lebih sebanyak 300 kali, jika pengisian daya baterai laptop sudah mencapai angka ini maka keakuratan notifikasi pada baterainya akan terus mengalami penurunan, misalnya notifkasi menunjukan 50% yang seharusnya baterai bisa bertahan selama 2 jam, namun laptop tiba tiba mati dalam waktu 30 menit ataupun berkurang waktunya dengan sangat tajam dari prediksi waktu yang ditampilkan. 

Selain cara merawat baterai laptop diatas perlu juga diperhatikan bahwa agar baterai laptop menjadi lebih awet dan tahan lama hindari perlakuan pada baterai laptop anda seperti dibawah ini. :


1. Hindarilah Kondisi Baterai Sampai Dalam  pada keadaan 0 %

Pernahkah anda mendapati keadaan dimana laptop anda kehabisan baterai dan mati secara langsung tiba-tiba tanpa sempat mematikan (shutdown) dengan normal ? kejadian tersebut sebenarnya tidak baik untuk kualitas baterai laptop anda. Hal tersebut memberikan efek mempercepat baterai laptop anda menjadi aus. Oleh sebab itu isilah daya  laptop anda ketika beterai laptop sudah kurang dari 10 %.

2. Pastikan Tegangan Listrik Stabil


Sumber daya berupa tegangan listik sangatlah penting dalam proses pengisian daya pada laptop. Hal yang sangat perlu diperhatikan ketika sedang melakukan pengisian daya di baterai laptop anda, anda terlebih dahulu harus mengetahui bahwa tegangan listrik yang sedang gunakan untuk pengisian daya itu benar-benar dalam keadaan stabil dan normal. Karena apabila tegangan listrik yang digunakan untuk pengisian daya tidak stabil maka laptop anda akan mengalami masalah, salah satunya adaptor menjadi cepat rusak dan beterai akan mudah drop ketika digunakan.

3. Hindarilah Menaruh Laptop di Tempat Empuk

Pernahkah anda beraktivitas menggunakan laptop di tempat yang empuk contohnya bantal, kasur, dan sejenisnya ? apabila pernah disarankan untuk menghentikan segera kebiasaan buruk tersebut. Perlu diketahui bahwa laptop akan mengalami masalah ketika laptop di taruh di tempat yang empuk. Hal itu dikarenakan aliran udara panas yang keluar dari laptop akan terhalang sehingga panas akan merambat ke baterai dan akan mempercepat kerusakan atau aus pada baterai anda.

4. Pilihlah Mode Hibernate daripada Standby

mengapa harus memilih mode hibernate daripada mode stanby? alasannya tidak lain adalah bahwa proses ini akan membuat aliran listrik yang sedang digunakan oleh laptop menjadi lebih irit dibandingkan proses pada mode standby. Karena pada proses hibernate beberapa servis akan dinonaktifkan dan itu baik untuk baterai laptop dalam mensuply daya pada perangkat laptop anda sehingga tidak terjadi pemborosan daya yang dikeluarkan oleh baterai.

5. Kurangi Penggunaan External Device

External Device atau perangkat luar seperti hard disk eksternal, wifi, bluetooh dan lainnya akan menguras penggunaan daya pada baterai Anda. Maka sebaiknya gunakanlah dengan bijak external Device tersebut agar baterai laptop anda lebih awet.

6. Cabut Kabel Charge Ketika Daya Sudah Full

Cabutlah kabel charger pengisian daya apabila pengisian daya sudah full 100%. Hal ini akan membiarkan baterai laptop bekerja dengan baik dengan daya yang telah terisi sebab laptop yang terus di charger dalam kondisi baterai sudah 100% juga tidak baik dampaknya terhadap baterai dikarenakan akan membuat baterai akan tidak bekerja sesuai fungsinya dalam menyalurkan daya pada perangkat laptop, sehingga dapat mengurangi umur baterai.


7. Jauhkan Benda Yang Bermuatan Magnet Pada Laptop

Perlu diperhatikan bahwa jauhkanlah benda bermuatan magnet seperti handphone dan lainnya dari laptop anda. Hal tersebut perlu diperhatikan sebab medan magnet yang terpasang pada handphone dan benda lainnya yang mengandung magnet dapat mempengaruhi kinerja hardware laptop yang sebagian besar terbuat dari logam dan mampu membuat baterai bekerja tidak optimal dalam penyaluran daya pada perangkat.

Demikianlah artikel cara merawat baterai laptop agar lebih tahan lama dari umur rata-ratanya. Jika diperhatikan cukup mudah dan simple saja namun hal tersebut sering terlewatkan dalam pemakaian sehari-hari di aktivitas kita. Semoga artikel ini bermanfaat untuk merawat baterai laptop agar menjadi tahan lama.



Nama Anda
New Johny WussUpdated: Oktober 10, 2016

0 komentar:

Posting Komentar

MbahPC